PASAR OPSI

Pengertian
* Pasar opsi adalah globalisasi pasar modal dunia memaksa para pelaku pasar modal untuk memahami mekanisme pasar opsi sehingga memungkinkan untuk melakukan transaksi keuangan di pasar modal internasional.

*Pasar opsi, dalam transaksi opsi, individu dapat menghubungkan broker atau melakukan transaksi langsung di pasar opsi.

*Perdagangan opsi meliputi berbagai jenis barang seerti saham, obligasi dan valuta asing

*Umumnya harga opsi-beli maupun opsi-jual lebih rendah daripada harga saham , sehingga diperlukan lebih sedikit uang untuk melakukan perdagangan opsi.

*Keuntungan lainnya adalah dapat menghemat komisi broker, karena komisi broker untuk transaksi saham.

*Manfaat lain dari perdagangan opsi adalah menghemat biaya transaksi dan menghindari pembatasan biaya pasar sekunder. selain itu karena opsi menawarkan kontrak yang berstandar, memungkinkan pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi secara cepat dgn harga yang wajar. Opsi juga memberikan instant profit dan mengurangi risiko atas hilangnya keseluruhan investasi.

Kontrak Opsi

1. Opsi Beli/ Call Option
memberi hak kepada pemegangnya untuk membeli suatu aset pada harga tertentu, yang disebut harga eksekusi/harga penyerahan/exercise price/strike price pada atau sebelum kadaluarsa (expiration date) yang ditentukan. jadi sebuah opsi beli dikatakan in the money jika harga eksekusinya lebih rendah daripada nilai asetnya, sebuah opsi dikatakan out of the money jika harga eksekusinya lebih besar daripada nilai asetnya, tidak ada seorangpun yang akan melaksanakan hak beli suatu aktiva yang harga asetnya lebih rendah daripada harga eksekusinya.

Contoh :
Berapa hasil dan laba bersih bagi investor yang membeli opsi beli atas saham Microsoft yang berjatuh tempo pada bulan maret dengan harga eksekusi $22,50 jika harga saham pada saat jatuh tempo adalah $25 ? bagaimana jika harga saham pada saat jatuh tempo adalah $20 ?

NB : Bagi opsi beli, Jika Harga saham tempo naik dr HE, maka investor lebih baik menggunakan opsinya, sebaliknya jika harga saham tempo lebih rendah dr harga eksekusinya maka pemegang opsi seharusnya membiarkan dan tidak menggunakan opsinya



2. Opsi Jual/ Put Option
Opsi jual memberi hak kepada pemiliknya untuk menjual barang tertentu dengan harga tertentu selama jangka waktu yang telah ditentukan.kesimpulannya opsi jual akan memberikan keuntungan jika pada saat jatuh tempo harga saham turun dibawah harga penyerahan ditambah harga opsi.


Contoh Opsi beli dan Opsi Jual
Misal saudara membeli satu opsi beli dan satu opsi jual yang keduanya memiliki harga penyerahan sebesar $100, anggaplah bahwa harga satu opsi beli $6 sedangkan harga opsi jual $4

a. Bagaimanakah kombinasi opsi tersebut memberikan keuntungan kpd pemiliknya
b. Jika hutang saham meningkat menjadi $145 apa yang harus dilakukan oleh pemilik opsi ?
c. Jika harga saham turun menjadi $75 apa yang harus dilakukan pemilik opsi ?

Comments

Popular posts from this blog