10 Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terbaik di Indonesia

1. Fakultas Hukum UI (Universitas Indonesia)




Hukum Tahun 2012, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (“FH UI”) masih dinobatkan Penulis sebagai fakultas hukum terbaik seantero nusantara. Sekalipun FH UI sebagai salah satu fakultas hukum tertua di Indonesia (berdiri pada tahun 1898 dengan nama Recht Hoge School), namun terus mengembangkan diri mengikuti kebutuhan dan perkembangan yang ada di masyarakat. Sebagai suatu fakultas yang telah berdiri lama, Fakultas Hukum Universitas Indonesia tidak terlena dengan “ketuaan”nya dan nama yang sudah lama disandang, tetapi terus dan terus meningkatkan diri dalam berbagai bentuk, misalnya peningkatan kualitas SDM dosennya, peningkatan fasilitas, dan menjalin kerja sama baik dalam maupun luar negeri. Keberadaan fakultas dan lulusan yang bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat di negara ini, saat ini sedang ditingkatkan untuk menjamah lapangan internasional, dimulai dari pasar yang ada di kawasan regional, dan akan terus berkembang. Hal tersebut sesuai dengan visi fakultas berupa pendidikan yang bertaraf internasional. Beberapa alumni sudah berada dikawasan regional tersebut, dan hal tersebut membuka peluang bagi lapisan berikutnya untuk juga masuk kepasaran tersebut.


Sampai saat ini, lulusan fakultas ini, banyak berperan pada berbagai bidang kehidupan, mulai dari pemerintahan, peradilan, kejaksaan, pengacara, sampai kepada yang aktif dan mengabdikan diri pada lembaga-lembaga yang langsung mendorong pengembangan di masyarakat, seperti pada LSM lingkungan. Keberadaan mereka memberi warna tersendiri bagi setiap aktivitas di negeri ini. Indeks TOM berada di peringkat 1 dengan score 38,57.



2. Fakultas Hukum UGM ( Universitas Gadjah Mada ) 

Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (“FH UGM”) naik satu peringkat tahun ini dibandingkan tahun lalu karena adanya perubahan metode pemeringkatan. FH UGM saat ini tengah berusaha membangun optimisme untuk lebih berkontribusi dalam memperbaiki kondisi bangsa. Sebagai lembaga pendidikan tinggi bidang hukum, FH UGM terus berupaya melakukan perbaikan dan peningkatan disejumlah aspek. Dalam bidang pendidikan FH UGM menyediakan beasiswa sebesar 28,52% untuk program sarjana di tahun 2011. Untuk merealisasikan visi FH UGM sebagai fakultas penelitian bertaraf internasional FH UGM telah membangun jejaring kerjasama dengan 44 lembaga dalam negeri dan 19 lembaga luar negeri. Kerjasama tersebut digalang dalam rangka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia manusia, perencanaan program dan pendanaan, pengajaran maupun pengembangan ilmu hukum. Sejumlah kegiatan yang dilakukan berupa penelitian, publikasi bersama, pengabdian masyarakat, workshop, dan seminar internasional. Untuk meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia di bidang pengajaran, FH UGM mengambil kebijakan dengan mendorong dan memfasilitasi para dosen untuk studi lanjut, memberikan bantuan beasiswa secara bertahap, bantuan pendanaan untuk mengikuti seminar, workshop, pelatihan dankegiatan ilmiah lainnya di dalam maupun luar negeri. Untuk memenuhi rasio ideal dosen dibanding mahasiswa, FH melibatkan 113 orang dosen pensiunan maupun praktisi hukum dari luar UGM. Sedangkan untuk membekali mahasiswa menjadi ahli hukum yang berorientasi internasional dengan menghadirkan 12 orang dosen asing. Indeks TOM berada di posisi 6 dengan score 2,92.

3. Fakultas Hukum UNPAD ( Universitas Padjajaran )

Seiring dengan meningkatnya popularitas FH UGM dan perubahan metode pendekatan, maka tahun ini Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (“FH UNPAD”) cukup puas berada di posisi ketiga. FH UNPAD merupakan salah satu dari empat fakultas yang menjadi cikal bakal Universitas Padjadjaran, sekaligus menjadi dasar identitas Universitas Padjadjaran dalam berkiprah di dunia pendidikan. Hal ini diwujudkan dalam penetapan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Padjadjaran yang bertema “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”. Pada perkembangannya, PIP tersebut diaktualisasikan dalam pengembangan bidang Hukum Internasional yang menjadi rujukan bagi pendidikan hukum di seluruh Fakultas Hukum di Indonesia. Pembentukan Laboratorium Klinis Hukum juga menjadi salah satu ciri khas Fakultas Hukum Unpad. Kurikulum Fakultas Hukum Unpad dikembangkan ke arah pembelajaran Student Centered Learning (SCL) melalui mata kuliah-mata kuliah kemahiran hukum yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas lulusan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Hingga saat ini, FH UNPAD terus berupaya melakukan peningkatan di berbagai aspek, diantaranya peningkatan kualitas input mahasiswa dan dosen, peningkatan fasilitas, peningkatan manajemen fakultas dan peningkatan daya saing lulusan FH UNPAD di dunia kerja. 

4. Fakultas Hukum UNDIP ( Universitas Diponegoro )

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH UNDIP) yang sudah berumur 54 tahun ini juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia (indeks TOM-nya baik). Pada umumnya, lulusan FH UNDIP banyak bekerja di bidang pemerintahan sebagai PNS, sehingga FH UNDIP kurang populer bagi law firm – law firm ternama di Jakarta. Meskipun demikian, di tingkat nasional, mahasiswa FH UNDIP juga banyak yang menorehkan prestasi khususnya di bidang moot court competition. Apabila kita search dengan Google, dengan kata kunci “FH UNDIP”, maka setidak-tidaknya ada 167.000 halaman tersedia. 

5. Fakultas Hukum USU ( Universitas Sumatera Utara )


Sejak keluarnya Peraturan Pemerintah RI No. 56 Tahun 2003 pada tanggal 11 November 2003, USU ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT. BHMN) dan Fakultas Hukum merupakan salah satu unit pelaksana akademik dari PT. BHMN USU. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0325/U/1994 tanggal 9 Desember 1994 dan 
Surat Keputusan Rektor USU No. 1637/PT05.H/SK/I/95 dinyatakan bahwa 
Fakultas Hukum hanya mengelola satu program studi yaitu Program Studi Ilmu Hukum. 
FH Usu mempunyai Visi:
Menjadi Fakultas Hukum terkemuka, yang menghasilkan lulusan berkualitas. bermoral, 
profesional dan memiliki keunggulan kompetitif baik ditingkat nasional maupun internasional.

6. Fakultas Hukum UNSOED ( Universitas Jenderal Soedirman ) 

Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman, baru diresmikan di lingkungan Unsoed pada 7 September 1982, Namun memang menurut badan akreditasi BAN-PT, Fakultas Hukum Unsoed memiliki Akreditasi A. Fakultas Hukum Unsoed memiliki visi "Unggul dalam pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan hukum yang berbasis pada kearifan lokal dengan daya saing global." Fakultas Hukum Unsoed mempunyai 8 bagian yang merupakan sumber pelakasana akademik Fakultas untuk pengelolaan sumber daya manusia bagi pengembangan ilmu hukum yaitu: 1. Dasar-dasar ilmu hukum 2. Hukum Keperdataan 3. Hukum Pidana 4. Hukum Tata Negara 5. Hukum Administrasi Negara 6. Hukum Internasional 7. Hukum dan Masyarakat 8. Hukum acara.


FH Unsoed mempunyai banyak fasilitas yang menunjang sarana perkuliahan, seperti UPT Pusat Komputer, Pusat Infomasi Ilmiah, Ruang Sidang, Laboratorium Hukum, Sidang MA secara langsung, dan masih banyak lagi.

Mahasiswa FH Unsoed juga banyak menorehkan prestasi di kancah nasional. Yang terakhir didapatkan dan masih banyak yaitu menjadi Juara 1 Moot Court Competition ALSA 2008 di UGM, Juara 1 dan mendapat Piala bergilir dari Mahkamah Agung, Juara 2 MCC 2010 di Unsoed dan masih banyak lagi.Prestasi lainnya adalah memperoleh kemenangan Peradilan Semu Tingkat Nasional 7 x berturut-turut, Juara III Lomba Debat Hukum Nasional Piala Padmo 2012 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Semifinalis Lomba Debat Hukum Nasional Piala Bergilir Sri Soemantri Di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2012


Kampus yang berada di kawasan Grendeng ini menyelenggarakan berbagai program akademik yaitu Sarjana Hukum Reguler, Sarjana Hukum Ekstensi, Sarjana Hukum Kelas Paralel, dan Pascasarjana Magister Ilmu Hukum. 

7. Fakultas Hukum UNAIR ( Universitas Airlangga )

Sejarah Universitas Airlangga dimulai dari cikal bakal lembaga pendidikan Nederlands Indische Artsen School (NIAS) pada tahun 1913 dan Scholl tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT) pada tahun 1928. Fakultas Hukum sebagai salah satu fakultas tertua di Universitas Airlangga pada awal pembentukannya merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Surabaya sebagai cabang dari Fakultas Hukum, Ekonomi, dan Sosial Politik (HESP)Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta. Presiden Republik Indonesia secara resmi membuka Universitas Airlangga berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57/1954 pada tanggal 10 Nopember 1954. Fakultas Hukum Unair ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

8. Fakultas Hukum UNIBRAW ( Universitas Brawijaya )


FH Unibraw semula bernama Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM), didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Malang (YPTM), pada tanggal 1 Juli 1957. Selanjutnya, PTHPM diakui sebagai milik Kotapraja Malang dan merupakan bagian dari Universitas Kotapraja Malang pada tanggal 1 Juli 1960.

Pada tahun 1961, berubah menjadi Universitas Brawijaya. Ketika Universitas Brawijaya Malang dinegerikan pada tanggal 5 Januari 1963 dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No.1 Tahun 1963, maka sejak saat itu Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM) menjadi salah satu fakultas hukum negeri yang ada di Jawa Timur.
Pada saat diselenggarakan akreditasi nasional tahun 1996, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya terakreditasi dengan kualifikasi A, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 01107/AK/1.1/UBGIHK/VIII/1998
Letaknya yang berada di kota besar membuat Universitas Brawijaya Malang semakin dikenal dan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

9. Fakultas Hukum UNHAS ( Universitas Hassanuddin Makasar )

Fakultas Hukum Unhas secara resmi berdiri pada tanggal 3 Maret 1952 berdasarkan Keputusan Menteri P dan K Nomor 3399/Kab, tanggal 30 Januari 1952. Pada waktu itu, masih bernaung di bawah Universitas Indonesia (UI) dengan nama Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat.
Berbagai fasilitas disediakan FH Unhas yang menunjang perkuliahan yang baik untuk mahasiswa. Letaknya yang di luar Pulau Jawa tak membuat FH Unhas tertinggal, bahkan kini menjadi salah satu yang terbaik. Tahun ini FH Unhas akan menyelenggarakan MCC ALSA 2012.

10. Fakultas Hukum UNEJ ( Universitas Jember )

Fakultas Hukum Universitas Jember (FH-UNEJ) semula bernama Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat “Universitas Tawang Alun” yang didirikan pada tanggal 5 Nopember 1957 oleh Yayasan Universitas Tawang Alun Jember dengan akta Notaris No. 13 tanggal 8 Maret 1958. Berkat perjuangan, keuletan, persatuan dan kesatuan para pembina dan seluruh sivitas akademika Universitas Tawang Alun serta bantuan dari masyarakat Besuki khususnya masyarakat Jember, maka Universitas tersebut dapat dinegerikan.

Pada tahun 1963 dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 1 tahun 1963 tanggal 5 Januari 1963 Universitas Tawang Alun dinegerikan dengan nama Universitas Brawidjaya Cabang Jember. Fakultas Hukum Universitas Tawang Alun berubah pula menjadi Fakultas Hukum Universitas Brawidjaya cabang Jember. Pada bulan Nopember 1964 dipersiapkan pendirian Universitas Negeri Jember oleh Panitia Persiapan yang dibentuk dengan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 150 tahun 1964 tanggal 7 Nopember 1964. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 151 tahun 1964 tanggal 9 Nopember 1964, terhitung tanggal 10 Nopember 1964 berdirilah Universitas Negeri di Jember, salah satu fakultasnya adalah Fakultas Hukum dengan cabangnya di Banyuwangi.Untuk mendukung pendirian Universitas Negeri tersebut, Fakultas Hukum yang berada di Jember memisahkan diri dari Universitas Brawidjaya di Malang.
Prestasi yang didapatkan mahasiswa Fakultas Universitas Jember yaitu Juara 1 Padjajaran Law Fair 2012 Piala Bergilir Sri Soemantri dan membawa pulang Piala Padmo Wahjono sebagai Juara I Lomba Debat Hukum UI




Comments

  1. Universitas Pancasakti Tegal kagak masuk ya.. hehehe..

    ReplyDelete
  2. wah ada unhas, kebetulan fakultas saya bertetanggaan sama fh-nya unhas.

    mw nanya bro, kalau fakultas hukum itu bagaiamana prospeknya? karena ade saya nanya terus. kebetulan saya di ekonomi, jadi sya nggak bisa jawab.

    thanks sebelumnya bro :)

    ReplyDelete
  3. halo erekaye thanks kunjungannya :D :D

    prospek fakultas hukum
    1. Advokat
    2. Arbiter
    3. Dosen
    4. Hakim
    5. Jaksa
    6. Jurusita
    7. Konsultan Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
    8. Kurator
    9. Legal Drafter
    10. Legislative Drafter
    11. Mediator
    12. Notaris
    13. Panitera Pengadilan
    14. Peneliti Hukum
    15. Polisi

    sumber : http://soalsnmptn.blogdetik.com/2012/01/04/jurusan-fakultas-hukum/#more-200

    ReplyDelete
  4. hehe terima kasih gan atas penjelasannya :)

    ReplyDelete
  5. @Erekaye : sama-sama gan :D :D

    @Miztia : hehe,, semoga agan skrg udah tau hehe :D =))

    ReplyDelete
  6. HUKUM USU memang berkualitas ,tahun 2009 aja, hukum ui,ugm,unpad, bisa d kalahkan,stiap debat mahkamah konstitusi hukum USU sllu juara,

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog