Badai Matahari, Mengakibatkan Gangguan Pada Sistem Telekomunikasi

Sekilas melihat dari Televisi, Badai Matahari tidak akan menyelenyapkan Bumi,, Badai matahari yang diperkirakan ada Pertengahan 2012 dan mengalami puncak 2013,hanya menimbulkan gangguan telekomunikasi ,navigasi dan  kelistrikan. Tapi bagaimana dengan Bulan yang ukurannya lebih kecil dan tidak memiliki atmosfer? Akankah badai Matahari melenyapkan Bulan? memang  Badai matahari tidak akan sampai kebumi dan menghancurkan manusia,,karena ada lapisan medan magnet yang menghadangnya

Seorang peneliti NASA ,Farrel yang terlibat penelitian terbaru NASA tersebut seperti dikutip National Geographic, Jumat (9/12/2011), menuturkan, "Model yang dikembangkan memprediksi bahwa 100 - 200 ton material Bulan, atau setara dengan muatan 10 bak truk, bisa terhambur akibat lontaran massa korona besar selama 2 hari."

Hasil studi ini masih harus diuji lagi. Tahun 2013 adalah puncak aktivitas Matahari, di mana frekuensi badai Matahari juga akan meningkat, Wahana Lunar Atmosphere and Dust Environment Explorer (LADEE) akan membuktikan kebenaran studi ini. Jika benar, maka partikel bisa mencapai ketinggian 20-50 km dari permukaan Bulan.Secara terpisah, astrofisikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengatakan bahwa badai Matahari justru akan berefek pada planet lain yang tidak memiliki medan magnet. Atmosfer dari planet-planet tersebut akan terkikis sedikit demi sedikit.

"Badai matahari yang masuk itu, kan, merupakan partikel energetik. Ini memungkinkan terjadinya penghilangan atmosfer, penghapusan sedikit demi sedikit. Atmosfer planet-planet itu akan makin menipis," kata Thomas saat dihubungi Kompas.com, Rabu (4/1/2012) hari ini.

Bagi Bumi, efek yang sama tidak terjadi. Sebabnya, Bumi memiliki medan magnet yang diperoleh karena inti Bumi memiliki banyak kandungan besi. Sementara, bagi planet gas seperti Jupiter, badai Matahari juga takkan begitu berpengaruh karena jarak Matahari dan Jupiter yang sangat jauh.

Comments

  1. fenomena yang masih di kira-kira aja, ntar tunggu aja deh tanggal mainnya, yang penting persiapkan aja iman kita jadi lebih baik dari tahun kemaren :)

    ReplyDelete
  2. iya juga bang toni ,,dilihat2 jikat terjadi , dampak sih ke gangguan telekomunikasi dimana masyarakat dunia sekarg ne disibukkan dgn komunikasi yg signifikan,,,,
    berdoa dan positive thinking aja :)

    ReplyDelete
  3. pantas saja koneksi Handpone saya terganggu, mungkin karena badai matahari yach sobat???

    ReplyDelete
  4. mungkin aja so,,gejala pertamanya,,tapi ntu berita terjadi pertenghan 2012 sob,,ya gak tau si bulan2 brp,,,,
    :)

    ReplyDelete
  5. koneksi HP saya ga ada masalah apa2 sejauh ini sobat..
    semoga ga sampe parah mengganggunya gara2 ada badai matahari ini..
    thanks sudah berbagi sobat..
    oiya, ditunggu kunjungan baliknya ya, ada postingan terbaru dari saya.
    happy blogging :)

    ReplyDelete
  6. Mudahan aza ya ga terlalu menggagu banget..

    ReplyDelete
  7. @Full software mediafire : sippp : )

    ReplyDelete
  8. verry nice.. salam kenal.. mampir balik ya.. terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  9. yang penting selalu waspada dan selalu berdo'a... bner gak sob....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog