ANAK BANGSA MEMBUAT KEJUTAN DIAWAL TAHUN 2012

Halo,,,sobat semua ,kali ini saya membuat postingan yang sedang riuh di tanah air indonesia yang sedang lumayan2 banyak dibincangkan didunia internet maupun pertelevisian,yaitu pembuatan mobil esemka yaitu sejumlah siswa dari dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo, yang terlibat dalam pembuatan mobil Kiat Esemka,waw (that's great) Jika dilihat dari sebelumnya,,Esemka bukanlah mobil pertama yang berhasil diciptakan oleh generasi muda Indonesia. Mobil-mobil karya anak bangsa lainnya juga lebih dulu hadir, seperti Komodo, Tawon, Gea, Marlip, Maleo, Wakaba, Timor, Esemka Digdaya.
Kata seorang murid di sebuah sekolah SMK,, mobil esemka tidak kalah dengan mobil buatan jepang dan eropa, ini luar biasa sebuah hadiah atau kejutan diawal tahun 2012
bahkan walikota solo pun membeli Mobil buatan anak bangsa, sungguh menghargai karya dan jeripayah anak bangsa, Pemerintah harus bisa melihat ini,, jangan masalah politik aja yang di perbincangkan,, dukungan pemerintah sangat dibutuhkan disini ,,sehingga ada yang menggarap proyek ini,jangan disia-siakan karya anak bangsa, kita lihat aja mobil buatan jepang dan eropa merajalela dijalanan ,kalau ada buatan dalam negeri,,mengapa harus beli buatan luar, soal masalah kualitas sama-sama saja.
mobil esemka bisa terkenal bila ada investor yang menggarap proyek ini,,kalau bisa promosi ntu mobil keluar negeri,,(it's good),, pemerintah seharusnya mengapresiasi karya ini,jangan seperti yang dulu disaat generasi muda melakukan pembuatan mobil sendiri ,,pemerintah tidak yang mendukung ini,,, sungguh mengerikan,,
Nah disini ada beberapa mobil pendahulu sebelumnya buatan generasi muda


Komodo

Mobil ini merupakan kreasi PT Fin Komodo Indonesia yang berpusat di Cimahi Jawa Barat. Mobil offroad jenis Cruiser ini dirancang oleh salah satu desainer pesawat CN-250 Gatotkaca, Ibnu Susilo.

Komodo diklaim mampu melintasi hutan sejauh 100 Km dalam waktu 6-7 jam, dan tingkat konsumsi bahan bakar kurang lebih hanya 5 liter. Mobil dua penumpang ini, juga dapat digunakan untuk mengangkut beban (barang bawaan) seberat 250 Kg, sehingga dapat juga berfungsi sebagai kendaraan utility. Komodo punya fitur self-recovery yang membuatnya tidak bisa terguling.

Tawon

Mobil Tawon diproduksi PT Super Gasindo Jaya. Tawon merupakan calon mobil nasional yang paling siap diproduksi. Tawon telah mengadopsi sistem suspensi depan ferguson dan suspensi belakang per pegas daun. Sedangkan sistem injeksi bahan bakar masih menggunakan karburator.

Dengan mesin 650 cc, Tawon mampu melaju dengan kecepatan maksimal 90 km/jam dengan putaran torsi maksimal 5.300 rpm. Konsumsi bahan bakar boleh dibilang irit. Saat dilakukan uji coba, tercatat 1 liter bensin mampu menempuh jarak 25 kilometer.

Gea

Gea merupakan mobil hasil riset PT INKA (Industri Kereta Api) dengan mesin Rusnas (Riset Unggulan Strategis Nasional). Mobil mungil ini dibekali mesin berkapastias 650 cc, dan dapat dipacu sampai dengan kecepatan 90 km/jam. Mobil ini sudah sampai tahap uji coba produksi.

Mobil jenis city car ini diklaim memiliki beberapa keunggulan dari segi fitur dan desain. Dan digadang-gadang mampu bersaing dengan mobil China, Chery QQ.

Marlip

Marlip adalah mobil listrik yang cocok digunakan untuk mobil golf dan mobil keamanan. Mobil ini merupakan hasil pengembangan dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan dipasarkan PT Marlip Indo Mandiri. Marlip juga punya varian mobil empat penumpang dengan kecepatan mencapai 50 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 120 km.

Maleo

Maleo merupakan calon mobil nasional yang dikembangkan pada tahun 1993, oleh IPTN yang bekerjasama dengan Rover, Inggris dan Millard Design Australia. Tapi sayangnya, akibat krisis moneter 1997, proyek ini terhenti.

Wakaba

Mobil Wakaba (Wahana Karya Anak Bangsa) adalah buatan komunitas otomotif dan Disperindag Jawa Barat. Kendaraan ini dirancang untuk berbagai jenis, yakni mobil pengolah lahan, mobil angkut hasil pertanian, mobil pengolahan hasil pertanian, mobil angkutan umum pedesaan, mobil perkebunan serta mobil penjualan.

Timor

Mungkin ini mobil nasional yang terbilang cukup sukses di tahun 90-an. Timor (Teknologi Industri Mobil Rakyat), sejatinya adalah mobil KIA Sephia dengan ide mengimpor mobil namun dengan komponen lokal. Bersamaan dengan Timor, hadir juga Bimantara dengan produknya Bimantara Cakra

Comments

  1. Syang skali, belum apa2 sudah mulai ada yang ngiri ya sob..lihat saja walikota Solo mulai disindir oleh koleganya supaya gak narsis hehe

    ReplyDelete
  2. itulah wujud org indonesia susah melihat orang senang,, kn bagus gitu soalnya walikota setidaknya menghargai ntu karya anak bangsa,,ketimbang pemerintah gak ada berbuat apa2 cuma bengong aja

    ReplyDelete
  3. wow ^^ semangat!
    ini dia karya anak bangsa!

    ReplyDelete
  4. @nurmayanti ,,, iya mbak ne hrs diapresiasi

    ReplyDelete
  5. keren juga mobilnya tampilanya ga kalah sama mobil jepang dan eropa sono . denger2 harnganya juga denger murah ya :)

    ReplyDelete
  6. sebenernya Indonesia tu mampu...
    tapi pemerintah dan pihak yang memproduksi masal kurang perhatian dengan karya anak bangsa..

    dan satu lagi, para pembeli sepertinya juga kurang mencintai produk dalam negeri..

    Seharusnya seperti di malaysia yang mengharuskan penduduknya membeli mobil dalam negeri, jika ingin membeli mobil merek luar harus punya satu mobil dalam negeri dulu...

    majukan karya anak indonesia..

    ReplyDelete
  7. My simple greetings to all!! Have a happy and blessed day always. This is very nice!

    ReplyDelete
  8. @aga yuditra
    apresiasi karya anak bangsa sob

    ReplyDelete
  9. boleh lah kita bangga akan teman-teman kita yang berhasil :D
    semoga pemerintah semakin memperhatikan para penemu di Indonesia

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog