Lompat Jingkat


LOMPAT JANGKIT

Lompat jangkit sering juga dikatakan dengan lompat jingkat atau lompat tiga (triple jump). Namun istilah atau nama yang resmi dipergunakan di Indonesia, yaitu yang tercantum dalam buku Peaturan Perlombaan yang dikeluarkan oleh PB. PASI adalah lompat jangkit (hot step jump).
Lompat jangkit sama halnya dengan lompat jauh dan lompat tinggi, yaitu salah satu nomor lompat yang terdapat dalam cabang olah raga atletik dan selalu diperlombakan baki perlombaan yang bersifat nasional maupun Internasioanal. Lompat jangkit adalah suatu bentuk gerakan lompat yang merupakan rangkaian urutan gerak yang dilakukan dengan berjangkat, melangkah, dan melompat dalam usaha untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.
Lompat jangkit adalah suatu lompat yang terdiri dari sebuah jingkat (hop), sebuah langkah (step), dan sebuah lompatan (jump) yang dilakukan secara berurutan dan terpadu, sedangkan rangkaian urutan gerakannya secara lengkap dimulai dari awlan, kemudian jingkat, melangkah, dan diakhiri dengan melompat seperti pada lompat jauh.
Unsur pokok lompat jangkit sama dengan lompat jauh dan lompat tinggi. Perbedaannya hanyalah terletak pada lompat jangkit,sebelum melakukan tolakan untuk melompat didahului dengan melakukan tolakan untuk berjingkat dan melangkah. Teknik dasar lompaat jingkat, antara lain:
• Awalan atau ancang-ancang
• Tolakan
• Irama lompatan
• Sikap atau gerakan badan di udara
• Sikap mendarat

Comments

Popular posts from this blog