Pengaruh Media massa dalam pendidikan

B. PENGARUH MEDIA MASSA TEHADAP DUNIA PENDIDIKAN

PENDIDIKAN memegang peranan yang sangat penting dalam kemajuan suatu bangsa dan negara. Tanpa pendidikan yang baik, sulit untuk mencapai dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, baik secara lahir maupun batin. Untuk itu, pemerintah dan masyarakat berusaha meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan.
Banyak orang mengartikan bahwa mutu pendidikan itu adalah pendidikan yang bertaraf internasional, pendidikan yang mahal dan lain sebagainya. Sesungguhnya mutu pendidikan itu berhubungan dengan kualitas yang ada didalam pendidikan tersebut. Pendidikan mempunyai mutu yang tinggi jika dapat memberikan suatu perubahan yang baik. Misalnya dalam menyampaikan suatu materi kepada peserta didik dengan menggunakan media internet.
Opini saya dalam mengartikan mutu pendidikan :
Mutu mempunyai arti kualitas, tinggi dan nilai. Sedangkan pendidikan merupakan sebagai indikator, parameter atau tolok ukur. Pendidikan mempunyai 3 indikator yaitu :
1) Manusia
2) Kepribadian
3) Potensi diri
Jadi bagaimana pengaruh media internet dalam meningkatkan mutu pendidikan???
adanya internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang telah banyak tersedia. sehingga, masalah akses semestinya bukan menjadi suatu masalah lagi. Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar dibidang apapun yang diminati pasti ada informasi dan internet, khususnya dalam bidang pendidikan.Internet merupakan media komunikasi dan media pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi guru, siswa, dan masyarakat pada umumnya, serta pengaruh terhadap dunia pendidikan, karena belajar melalui internet merupakan belajar secara online. Sistem belajar ini lebih mudah, cepat, dan murah. Selain itu, informasi yang didapat lebih variatif. Bahkan organisasi dunia pun (PBB) telah merancang konsep pendidikan “Education for next generation” (pendidikan untuk generasi masa depan) yang lebih banyak berbasis informasi, teknologi, dan komunikasi (ITC). Banyak masyarakat yang mengkhawatirkan pemanfaatan media internet di dunia pendidikan. Teknologi hadir di masyarakat bukan sesuatu yang harus ditolak karena alasan mengkhawatirkan masa depan anak didik. Tapi, jangan sampai karena kekhawatiran tersebut, teknologi itu ditolak. Masyarakat harus optimis kalau hal itu akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi pendidikan (Andjo,” Pengaruh Internet Dalam Dunia Pendidikan.”,2009,
Pemanfaatan media internet untuk meningkatkan mutu pendidikan dapat mengakses dunia tanpa harus mengelilingi dunia dan untuk meminimalkan dampak negatifnya diperlukan bimbingan yang tepat bagi siswa mengenai sisi positif dan sisi negatif untuk membangun kompetisi dari anak. Pengaruh internet dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah dasar harus diperkenalkan sejak dini karena sangat membantu anak dalam mengembangkan wawasannya


Manfaat yang ditimbulkan dari kehadiran internet bagi pendidikan antara lain:
1) Mempercepat dan mempermudah alih ilmu pengetahuan dan teknologi.
2) Proses pembelajaran lebih menarik. Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif.
3) Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi.
4) Mempermudah penjelasan konsep. Selama ini dalam materi atau bahan pelajaran disampaikan melalui metode ceramah. Dengan adanya internet, guru bisa menyampaikan konsep atau materi secara audiovisual. Pelajaran lebih nyata dan jelas, sehingga mempermudah pemahaman siswa. Hal ini dapat menghindari kebingungan pada diri siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
5) Pembelajaran lebih konseptual dan up to date (aktual).
6) Mempermudah dan mempercepat administrasi pendidikan. Pelaksanaan proses pendidikan harus diusahakan lebih praktis dan cepat. Guru tidak terlalu disibukkan urusan administrasi yang berbelit-belit, sehingga konsentrasi lebih tertuju pada proses pembelajaran di kelas. Misalnya, dalam membuat persiapan mengajar, pengolahan nilai, dan menyebarluaskan nilai ulangan atau ujian, bisa menggunakan fasilitas komputer (internet). Dengan demikian, internet dapat memperbaiki dan memperlancar administrasi pendidikan.
7) Sebagai perpustakaan elektronik.
8) Mempercepat dan mempermudah komunikasi edukatif antara guru dengan siswa

Comments

Popular posts from this blog