Backpacker alone ke singapura 5 Hari 4 Malam
Bonjorno , akhirnya gw bisa travelling  ke negara tetangga setelah beberapa lama di cancel , kali ini gw ngebegpek sendirian  ke singapura selama 5 hari 4 malam dengan budget SGD 108 . ini kali keduanya saya ke negeri singa setelah resign dari kantor dan tabungan mencukupi gw ngebolang ke purwokerto dan singapura. 

Sabtu , 6 januari 2018  jam 4 pagi gw nyampe di stasiun pasar senen  , yah bisa dibilang agak nekad sih dari purwokerto jumat malam baru nyampe dinihari dan sabtu malam kudu ke bandara soetta . penerbangan kali ini gw pake jetstar dan ini pertama kalinya gw terbang malam . Berhubung gw dapet promo 850K (JKT-SING-KNO) ya gue sikat aja.

Hari 0

Gw berangkat dari kosan jam setengah 7 malam, gw naik kereta bandara dari stasiun sudirman baru (BNI City) ke soetta. berkat gojek gw gak telat fiuhhhh. lama perjalanan 50 menit , penumpang nya cuma 8 orang dari 270 kursi tersedia . setelah gw tiba di stasiun bandara soetta gw lanjut lagi naik skytrain (gratis) ke terminal 2.

Berhubung gw naik jetstar gw cari  gate 2D dimane , bermodalkan tas ransel dan tas kamera serta tripod gw memberanikan diri masuk, karena penerbangan internasional cukup ketat pengawasannya.

Di pengecekan terakhir sebelum masuk ke waiting room terjadi insiden gak mengenakan dimane  tripod gw ga bisa diijinin masuk ! ya gw tanya kenapa ? alasan dari AP konfirmasi dulu ke maskapainya bisa atau tidak tripod masuk kabin ? gw cus ke counter jetstar bisa atau tidak ? jawabannya fleksibel , itu tergantung dari AP nya ! FAKK gw kesal jadi bijimane solusinya om ? dari AP Meminta surat pernyataan ke maskapai, setelah diskusi alot akhirnya tripod gw lolos . padahal tripod kamera gw ga gede-gede amat. cuma  begonya kenapa tripod gw taruh di samping tas jadi kan ga terlalu mencolok dan gegara tripod ini , rokok yang gw bawa gue buang , ya gue takut aja kenapa-kenapa di changi. taunya rokok boleh diizinin asal tidak membawa  250 batang . suee mampus gw ga bisa ngerokok nih , nyesalnya sampe keubun-ubun.   

Kelar urusan tripod hati gw tenang dan jam 22.30 WIB pesawat take off

Hari 1

Jam 00.45 waktu singapur gw mendarat ganteng di changi . ya karena gw nyampe dinihari gw pun langsung on the way menuju imigrasi  dan cari kursi buat rebahan sekalian ngecas hp gw yang sudah mau lowbet. karena gw udah booking hostel via traveloka dan checkin ke hostel jam 2 siang, jadi gw arus nunggu 12 jam #whattheshit

HP lagi dicas, alhasil gw ga bisa tidur dan mantengin hp maupun barangbarang tak seberapa ini yang kudu gw jaga. padahal ga hilang juga sih HAHA. karena gw masih melek gw bingung mau ngapain ? teman ngobrol ga ada , wifi di changi kayak kampret , gw ga bisa browsing hp gue anggurin. akhirnya gw mutusin beli kartu provider singapura untuk mempermudah akses . gw beli provider singtel harga SGD 15  di changi (kuota internet unlimited , free call sesama singtel , 30 menit free  calling internasional, kartu  berlaku selama 7 hari ) dan gue puas HAHAHA, berterima kasih lah pada singtell , kartu yang emang didesain buat turis budget low


Jam 05.30 pun tiba . gw cuss ke terminal 3 untuk naik MRT , eh taunya ada perubahan jadwal MRT di changi kalo hari minggu , gw tanya ke petugas dan petugas beri info  skejul MRT di undur ke  jam 08.00 , dan si doi beri brosur perubahan jadwal mrt dan mengarahkan gw naik bis saja. niat nya mau turun di stasiun Rochor seandainya naik MRT , dari pada kelamaan  gw langsung beli katu EZ Link Card seharga SGD 12 dan  naik bis dari changi turun di  Halte Bugis .

Nyampe di halte bugis jam 07.00 gw langsung ke stasiun mrt bugis menuju ke marina bay , sebenarnnya turun di raffles city atau city hall juga bisa, tapi karena gw udah lupa pake mrt ya beginilah jadinya.

Tiba di stasiun marina bay, gw berkelana menuju landmark singapur merlion park . dihari minggu sangat sepi, cuaca cerah , hanya beberapa orang sedang jogging, sepedaan sedangkan gw dengan mata cicak , badan kucel , hanya duduk , sambil foto-foto.


2 Jam gw di marina bay, kerjaan hanya bikin footage ,video, foto landscape , timelapse . perut gw lapar malah ga ada warung disini lagi, fiuuhh . berbekal bawa air minum gratis dari changi dan biskuit setidaknya masih bisa ngeganjel. sedangkan gw nunggu checkin masih 4 jam lagi . gw pun memutuskan balik sambil cari makan murah .

Gw naik dari stasiun Raffles niatnya menuju Stasiun Rochor,karena gw masih bingung rochor dimane , gw akhirnya turun di stasiun little india. gw searching hostel Footprints via google maps , gue malah ketemu foodcourt multi etnis, namanye TEKA CENTRE di little india ,makananya bervariasi ada yang halal dan tak halal . Mau masakan india, china , melayu juga ada tergantung selera , harga juga bervariasi ada yang tiga dolar , empat maupun lima dolar . akhirnya  beli nasi lemak seharga SGD 2.50 murah yee dan teh manis dingin SGD 1.50 hahaha ngirit anjirr selesai makan , perut kenyang , gw otw ke penginapan .

Tiba di teras penginapan gw duduk ganteng , perut sudah kenyang , perasaan ada yang kurang nih gw  belum nyemok , suee teringat rokok gw buang , daripada menderita gw cari sevel sekitaran jalan Perak Road

Gw                  : Sir, Any cheapest ciggarete ?  Wkwkwk
Seller              : Yes, SGD 11,50 SGD 12,50 , SGD 14
Gw                  : Hmhm ( mahal njirr  dengan mata jeli gw nemu harga SGD 10.70 )
                          its ten point seventy , sir
Seller              :  How many ?
Gw                  :  One pack
Seller               :  Lighter ?
Gw                  :  No, sir  (berhubung gw bawa korek cap indomaret )

Nyemok akhirnya  dan gw masuk ke Footprints backpacker hostel  menunggu check in sekitar 50 menit lagi , gw duduk  di ruang tunggu,ruang tunggu nya enak tersedia tv led besar , film nya beragam plus ac , sangking pewenya gw tertidur.


Jam 13.50 gw menuju customer servicenya  memberikan booking hostel ke mbanya, mba nya bisa ngomong melayu juga, fasilitas yang diberikan dan harus di kembalikan saat check out : sarung bantal, sprei , kunci kamar. gw juga kudu deposit SGD 20 tapi pas check out bisa diambil lagi duapuluhdollarnya.

Dan di hari pertama gw  lebih banyak  tidur dan tak kemana-kemana.

Penampakan kamar tidur nya :






     










Comments

Popular posts from this blog