GOES TO SINGAPORE #NTUMUN #PART4


Selamat sore blogger akhirnya ane bisa ngeposting lagi setelah sekian lama nya berkutat dengan urgent case #asekk 

Oke di part 4 ini ceritanya gue udah sampai di Universitas Teknologi Nanyang. ini pengalaman pertama gw nginjek kaki di kampus  luar negeri yang notabene dikampus dalam negeri belum pernah LOL . FYI kampus NTU merupakan universitas negeri terletak di Jurong, bagian barat daya singapura. kampus ini terkenal dengan jurusan tekniknya sudah tidak diragukan lagi dah, bahkan presiden indonesia mendapat penghargaan gelar doktor dari kampus ini dan orang penting2 dari negara lain. I really proud to myself coz I already here. actually. saya kesini ikut konferensi simulasi sidang PBB bukan mau kuliah. but setidaknya tahu sedikit kampus yang ada singapura. 



setelah sampai di nanyang kitapun seperti merasa bego, iya tidak tahu dimana lokasi open ceremony nya, saking luasnya ini kampus kitapun kesasar, yodah mau gak mau kita turun di halte yang kebetulan juga ada beberapa delegasi yang berasal dari indonesia juga. kitapun turun dan langsung menyapa mereka, halo, dari indonesia juga ya, begitulah say hello nya. menurut saya ketemu orang indonesia di negara orang lain rasanya comfort gitu dingajak ngobrol atau whatever. setelah itu ada 2 orang chinese yang kebetulan
sepertinya kuliah dikampus ini juga, kita pun menanyakan mereka dimana lokasinya. iya bisa dibilang orang chinese ini kind and friendly bahkan mereka mau nganter kita ke lokasi tersebut. akhirnya kita pun sampai . and you know what ? acara open ceremony nya udah kelar kitanya baru datang, we feel so ashame. this is indonesian charateristic LOL. kitapun merasa PD aja, eh segala makanan sudah disediakan , langsung tancap gas  ambil piring dan minum hehe. setelah acara makan kelar kita disuruh naik  bis buat ke penginapan. finally kita sampai di Nanyang executive centre.


it's bedroom of NEC (betapa bahagianyia  kalo kamar kostan gue semewah ini -_-)

This is first day at singapore. esok harinya kita harus bertempur beragurmen,negoisasi, lobbying dan certainly prepare bahan-bahannya. 

Di hari pertama lancar-lancar saja tak ada masalah yang dibahas topiknya gak sampe mendalam kali lah. second day, nah ini mulai panas memanas. terjadilah antara pro dan kontra di masing-masing  pihak. menurut kacamata sosial, terjadi perbedaan yang mendasar dimana pihak-pihak dari delegasi  indonesia kontra dengan argumen pihak-pihak dari delegasi singapore. intinya itu orang indonesia ya ngumpul dengan orang indonesia , orang singapura ya ngumpul dengan orang singapura. it's okay never mind. dihari kedua masih buntu permasalahanya belum terselesaikan. di hari ketiga terjadi debat-mendebat, negoisasi. gw kebetulan di konferensi ini perwakilan dari negara yunani ya gw support pihak yang kontra, dengan diakomodir mahasiswa universitas katholik parahyangan . kita pun akhirnya get champion . dengan delegasi terbaik adalah delegasi indonesia yang kebetulan juga orang indonesia. we are the champion #indonesian hehe
akhirnya hari ketiga pun berakhir. rasa lelah pun terbayar sudah. 

delegasi indonesia

delegasi singapore


3 hari konferensi itu rasa nya sangat menyenangkan, menambah ilmu, menambah teman2 dari berbagai negara dan improve my english hehe. 

Gue yang paling item (kiri)









Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog