Pengalaman membuat paspor di Kantor Imigrasi Cilacap

Selamat malam teman blogger,malam ini gua  ngeposting tentang cara membuat paspor di kantor imigrasi cilacap.sudah pastilah kalian membuat paspor pasti ada tujuannya, kebetulannya alasan gua buat paspor soalnya ada acara konferensi di singapore so mau gak mau harus buat dokumen ini.

Oke pertama kali gua buat paspor adalah harus menyiapkan dokumen-dokumen penting yang harus dilampirkan yaitu :
1. KTP asli beserta fotocopian ( 1 lbr)
2. KK (Kartu keluarga) beserta fotocopian (1 lbr)
3. Akte Kelahiran asli beserta fotocopian (1 lbr)
4. Ijazah Asli beserta fotocopian (1 lbr)
5. Surat rekomendasi  asli beserta fotocopian (1 lbr)
6. Surat Pra permohonan (Jika mendaftar melalui online)
NB: buat kalian yang ngurus online diharapkan pembayaran melalui bank BNI

Kalo surat rekomendasi gua ngurus dikampus ane Fakultas ekonomi bisnis Unsoed . buat bagi pekerja mungkin ngurus di perusahaan dimana ia bekerja. sebenarnya gua pengen ngurus paspor lebih cepat berhubung KK asli gua ada di medan mau  
gak mau harus dikirim lewat pos yang nyampe nya 5 hari (what's the hell). dan akhirnya hari senin KK asli gua nyampe juga dikostan , guapun mendaftar melalui online (biar lebih cepat) ini gua ngeapplynya malam hari (karena dipagi/siang/sore website online agak lelet ) berhubung banyak yang ngakses. oh ya sebelum kalian mau daftar online , itu dokumen harus discan dulu  ukuran limitnya 100 kb dengan format Jpeg. setelah kalian ngisi data informasi identitas dan sebagainya , lalu kalian upload itu hasil scannya , kemudian kalian akan memilih Kanim sesuai daerah kalian, and then memilih tanggal yang pas buat kesananya setelah itu kalian  mendapatkan surat pra permohonan (berformat PDF) and you know surat permohonan ini harus diprint dan harus dibawa ke Kanim nantinya
*NB : cari kanim yang terdekat dengan daerah kalian, kaya gua yang domisili di purwokerto ya tempat ngurus terdekat adalah cilacap, kalo pemalang , wonosobo lumayan jauh  dari pwt



Setelah itu pun gua langsung berangkat ke cilacap kamis pagi buat foto dan wawancara, bisa dibilang pwt-cilacap lama waktu 1 jam , and you know what ? gua sempet agak nyasar dikit jadi ceritanya gua mau kecilacap tapi gua jadi  ngelewatin sampang,maos (what's the hell) yang seharusnya bisa dilewatin dengan jalan pintas. tapi it's okay soalnya gua rada lupa jalannya lol. gua pun melewati beberapa daerah,pedesaan dengan pemandangan yang indah haha. dan akhirnya gua nyampe di kantor imigrasi cilacap,kanimnya sangat mudah dijangkau lah. oh ya yang gua keselin pas nyampe ,  gw kelewatan dikit sih kantornya and suddenly ada seorang Calo didepan kanim kayaknya dia udah ngerti , "ini pasti orang mau ngurus paspor" gua pun disuruh parkir didepan Fotocopian. betapa begonya gua , yang sama sekali gak ngerti dan first time datang ke kanim cilacap. gua pun pura-pura mau beli materai (padahal gak digunakan,kecuali TKI ) lalu tuh calo mendekat ke gua dan gua ditanyain ama calo ," mas ngurus karo siapa" ? pokoknya gitu pake bahasa ngapaklah , gua pun jawab ngurus sendiri pak, and then dia nanya lagi :bisa gak mas" ? ya gua jawab aja bisa kok pak (udah gitu doang speak singkatnya) . betapa begonya lagi gua markir motor di fotocopian tadi , yang seharusnya di kantor imigrasi sudah ada disediakan tempat parkir, mau gak mau gua balik ke tempat fotocopian td dan ngambil motor and gua terpaksa bayar parkir (what the f*ck).
*NB : buat kalian yang ngurus paspor dengan biaya murah, hindari calo-calo dimanapun mereka berada and you know , ngurus paspor pake calo biayanya 2 x lipat dari harga standarnya.

Setelah itu gua pun masuk ke kantor imigrasi cilacap , gua langsung kedalam dan menanya ke satpam mau ngurus paspor mas , and then dia bilang tunggu sebentar mas , duduk dulu ntar silahkan cek berkas ke mbak itu, dan  giliran gua, gua pun langsung menghadap ke mbak itu dengan membawa berkas , mbak itu pun mengecek berkas dokumen gua.setelah dicek mbanya bilang "mas, ini Fotocopi KTP harus depan belakang,trus Fotocopi KK gak boleh kelebihan" (what the hell) gua pun langsung ke tempat fotocopian yang berada dibelakang kantor kanim . gua balik lagi dan mengasihkan < span class="fullpost"> fotocopian nya ke mbak itu. setelah itu gua pun diberi formulir yang harus diisi (untuk ngisi formulirnya ada panduannya kok).  setelah lengkap diisi gua disuruh ke meja loket dan meminta nomor antrian sama satpam.and then nama gua dipanggil ada cerita singkat dimana petugas imigrasinya nanya , "mas ini KTP nya harus difotocopi?", gua langsung jawab ada kok mba disitu saya letakkan, coba periksa katanya. gua pun coba periksa dimap  "gak ada" and gua periksa tas ternyata ada (kamprettt). catatan buat kalian harus teliti aja untuk melampirkan berkas-berkas tersebut.gua pun disuruh lagi untuk duduk dan ntar dipanggil lagi (what the fuck) kenapa gak sekalian saja , gua rasa birokrasi di kantor ini ribet sekali. kalo bisa dipermudah kenapa harus dipersulit . dan nama gua dipanggil lagi and then dia bilang mas ntar foto dan wawancara jam 3 sore (kamprettt) padahal berkas gua selesai jam 10 pagi dan gua harus nunggu sampe jam 3 sore buat  foto doang. gua pun gunda gulana , selama berjam-jam apa yang harus gua lakukan. teman2 gua yang dicilacap belum mudik. mau gak mau alternatif terbaik  jalan-jalan ngelilingi Cilacap kota bercahaya (Slogannya)

Setelah nunggu berjam-jam yang begitu bosannya, akhirnya jam 2 gua pun balik ke kantor nunggu jam 3 nanti.setelah jam 3 , nama gua dipanggil dan gua dikasih nomor antrean buat foto dan wawancara, and you know what ? nomor antrean gua 173 (kamprettt) padahal di LCD nomor antrian buat foto masih 98 dan wawancara 87 (what the f*ck). yang gua keselin banyaknya calo mondar-mandir kayak artis , bikin gua ngenek. memang sih kebanyakan para calon TKI kalo ngurus paspor melalui Calo mereka gak ambil pusing. and you know , mungkin persepsi gua , tuh calo barangkali  minta nomor antre yang kecil ama petugas loket(mungkin calo nya udah kenal ama petugas)  dan bagi yang ngurus sendiri kena dampaknya yaitu proses nya jadi lama. it'okay gua udah ngerti kok sistem di negara ini . jadi intinya kalo lo punya kenalan/saudara dikantor imigrasi prosesnya cepat, dan bagi masyarakt awam yang gak punya kenalan ya jadi korbannya. oke gua pun nunggu antrean yang begitu panjang. dan gua ngobrol sama disamping gua bapak-bapak (berharap cewek sih disamping gua) haha. gua pun ngobrol sama bapak yang kebetulan mau ngurus paspor juga buat ke Brunei darussalam , mau kerja katanya. sibapak kebetulan ngurus sama calo, gua pun nanya kalo pake calo berapa pak ? dia bilang 550 rb . anjrit mahal kali (bagi gua itu mahal namanya anak kost) dia bilang biar cepat mas katanya. mending gua ngurus sendiri jadi gua tahu proses nya gimana, capeknya gimana, dan seterusnya :D. setelah itu nomor antrean gua dipanggil buat foto , gua pun masuk keruangan foto singkat doang. gua pun keluar lagi buat nunggu nomor antrean wawancara .berhubung sudah jam 4 sore, ini kantor udah lumayan sepi (anjritt)  nomor antrean gua buat wawancara tiba, gua masuk dan menghadap ke petugas wawancara. bisa dibilang wawancaranya singkat gak berbelit-belit lah, gua pun disuruh bawa map berisi dokumen2 ini ke petugas loket. (sebenarnya pas wawancara tadi paspor gua sudah ada di map) tapi kenapa harus nunggu 4 hari baru kelar. ah ya sudahlah. gua pun disuruh ambil paspor hari selasa jam 3 sore.
NB : Kanim  sabtu,minggu (tutup)
        saran gua kalo mau foto dan wawancara dibawah jam 12 siang. jangan lewat ,bakalan gak bisa

Dan hari selasa, 21 Januari 2014 gua kembali ke cilacap buat ngambil paspor yang sudah jadi. akhirnya dengan mengorbankan tenaga,energi,waktu ,  paspor gua selesai. Thanks God . butuh perjuangan saudara-saudara. gua pun balik lagi ke purwokerto.

Oke guy ini cerita singkat gua ngurus paspor di Kanim Cilacap.mudah-mudahan berguna postingan ini








Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog