This is Papua , #Part 4

Oke gan langsung aja ini Wisata Papua bagian Ke-empat , yaitu Taman Nasional Lorentz dan Taman Nasional Wasur . Sedikit informasi Taman Nasional Lorentz adalah merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekargaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik Kawasan ini juga merupakan salah satu diantara tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis. Membentang dari puncak gunung yang diselimuti salju (5.030 meter dpl), hingga membujur ke perairan pesisir pantai dengan hutan bakau dan batas tepi perairan Laut Arafura. Dalam bentangan ini, terdapat spektrum ekologis menakjubkan dari kawasan vegetasi alpin, sub-alpin, montana, sub-montana, dataran rendah, dan lahan basah.Selain memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, terdapat pula beberapa kekhasan dan keunikan adanya gletser di Puncak Jaya dan sungai yang menghilang beberapa kilometer ke dalam tanah di Lembah Balliem. Sebanyak 34 tipe vegetasi diantaranya hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, hutan kerangas, hutan pegunungan, padang rumput, dan lumut kerak

Taman Nasional Lorentz ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh UNESCO dan Warisan Alam ASEAN oleh negara-negara ASEAN.Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan ditunjang keanekaragaman budaya yang mengagumkan. Diperkirakan kebudayaan tersebut berumur 30.000 tahun dan merupakan tempat kediaman suku Nduga, Dani Barat, Amungme, Sempan dan Asmat. Kemungkinan masih ada lagi masyarakat yang hidup terpencil di hutan belantara ini yang belum mengadakan hubungan dengan manusia modern.

Check it out

View 1
Taman Nasional Lorentz,, Papua 


View 2
Jayawijaya Mountain, Taman Nasional Lorentz (Papua)



View 3



View 4
Iguana,  Taman Nasional Lorentz

View 5
Taman Nasional Wasur , Papua Barat

View 6
Kanguru asli Taman Nasional Wasur , Papua (Merauke) Indonesia 

Siapa bilang melihat kanguru harus ke Australia? Di Taman Nasional Wasur, Papua, Anda dapat melihat hewan berkantung tersebut dari dekat. Tidak hanya itu, di sana juga ada rumah rayap raksasa, hingga aneka satwa yang cantik.

Taman Nasional Wasur terletak di Merauke, Papua. Dari Merauke, perjalanan menghabiskan waktu satu jam untuk tiba di taman nasional ini. Salah satu satwa yang terkenal dan selalu dilihat oleh para traveler di taman nasional ini adalah kangguru. Satwa yang lucu dan identik dengan Australia ini, dapat Anda jumpai langsung di Taman Nasional Wasur.

Sekilas kanguru Papua ini tidak jauh berbeda dari kanguru Australia, perbedannya terletak pada ukuran tubuh. Kanguru Papua memiliki badan yang lebih kecil dari kanguru Australia. Akan tetapi, hewan tersebut memiliki tingkah laku yang sama, yaitu loncat-loncat. 

Anda juga bisa melihat rumah rayap dari dekat. Gundukan tanah tersebut menjulang tinggi dan sangat unik. Dengan tinggi 4-5 meter, bahan sarangnya terbuat dari rumput dan lumpur yang disusun oleh rayap. Orang Papua menyebutnya sebagai musamua, yaitu istana. Di Indonesia, rumah rayap ini hanya dapat Anda temukan di Taman Nasional Wasur.


View 7
Rumah Rayap Taman Nasional Wasur , Papua (Indonesia)


Sumber : 

http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_wasur.htm
http://anjungantmii.com/papua/index.php?option=com_content&view=article&id=7:tamannasionallorentz&catid=6:wisataalam&Itemid=14
http://randiadiputraestrada.blogspot.com/2012/07/taman-nasional-wasur.html



Comments

  1. @Pulau seribu : okay
    @reki : that's right sob

    ReplyDelete
  2. Indahnya, pemandangannya sangat mantaaap sob, apa lagi Jayawijaya mountain, xixiii, kapan yaah bisa kesana ... :)

    ReplyDelete
  3. keren sangat... papua memang beda

    ReplyDelete
  4. @eka kalo udah punya uang banyak sob hehe :D

    @Yono : iya mas. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog