BAGAIMANA MAHASISWA DAPAT MENJELASKAN PEDOMAN PENGELOLAAN DIRI DALAM KEHIDUPAN

a. Mempertahankan Keseimbangan Hidup
Mengatasi berbagai tuntutan kehidupan bagaikan memainkan bola dalam suatu permainan sirkus; seperti pemain harus tetap mempertahankan keseimbangan gerakan sejumlah bola, agar bola tersebut tetap melayang diudara pada waktu yang sama. Ada tiga bidang pengaturan dalam mengatasi  tuntutan kehidupan keluarga/rumah tangga  dan kehidupan pribadi. Kesulitannya adalah bahwa jarang sekali ketiganya berada dalam harmoni.


b.Memikul terlalu banyak Tanggung Jawab Hampir semua orang memikul  terlalu banyak tanggung jawab .Banyak diantara mereka yang mau menerimatugas ini dengan senang hati. Akan tetapi, kalau anda memang orang yang mampu, tertumpuknya tanggung jawab yang di bebankan kepada anda disebabkan karena anda dianggap mampu menyelesaikan pekerjaan. Ini berarti bahwa anda mempunyai agak lebih banyak pekerjaan yang harus anda tangani dibandingkan dengan yang sebetulnya anda inginkan.
Yang lebih parah lagi adalah,kalau anda sampai  gagal melaksanakan apa yang diharapkan orang dari anda , mereka dapat bersikap tanpa ampun. Ini akan terasa tidak adil karena jelas bahwa anda melakukan terlalu banyak hal. Anda mungkin hanya tak pandai mengatakan tidak atau anda mungkin membiarkan orang lain terlalu bergantung pada bantuan anda.

Menerima terlalu  banyak pekerjaan dapat mencegah anda untuk mengatur diri dengan baik. Anda perlu menanyakan kepada diri anda apakah semua tanggung jawab itu memang diperlukan apakah semua itu dipaksakan terhadap anda, atau apakah semua itu anda ciptakan sendiri karena anda mengira bahwa itulah yang diharapkan orang dari anda. Jika demikian, anda harus memutuskan tanggung jawab yang memang mau anda terima dan yang harus anda coret untuk meringankan beban.

c. Menyadari Stress
Kalau anda merasa belum mengorganisir diri dengan sangat baik, anda mungkin bekerja dengan kondisi stress berat tanpa menyadarinya. Bahkan anda mungkin tidak mengetahui bahwa hal ini mempengaruhi anda, serta tidak memahami mengapa anda merasa bahwa semuanya terus menerus berada di luar control.
Sebagian stress memang baik. Anda perlu di motivasi untuk dapat bangkit dari tempat tidur dan pergi ketempat  kerja. Pada saat tingkat kecemasan anda tinggi yang menyebabkan anda tidak dapat menyelesaikan pekerjanan,, diperlukan tindakan untuk mengatasinya.

Semua gejala ini merupakan tanda stress karena semuanya mencerminkan perilaku yang lain dari kebiasaan anda. Anda mungkin terlambat untuk menyadari   bahwa bukan pekerjaan ,melainkan stress anda sendirilah, yang menjadi penyebabnya.


d. Kurangnya kesadaran mengenai Arah kehidupan
tidak mempunyai  tujuan dalam bekerja dapat menjadi suatu masalah besar. Kalau anda tidak mempunyai arah, atau tidak mempunyai tujuan kelanjutan, anda tidak berjuang untuk mencapai tujuan tetapi hanya sibuk mengatasi pebagai masalah yang muncul.
Kalau anda tidak mengincar sesuatu yang spesifik, anda mungkin akan terperangkap seperti seekor tupai yang terus menerus berlari diatas jentera yang berputar, namun tidak kemana-mana. Pada awalnya  kegiatan ini memang menyenangkan akan tetapi, begitu anda sudah terlanjur berlari sangat kencang, anda harus menghentikannya sebagai satu keputusan yang sadar. Anda perlu mengurangi kecepatan lari anda dan memperhitungkan secara tepat dimana anda sekarang dan kemana anda ingin menuju.
Akan tetapi, hal yang tidak dikenal seringkali tampak menakutkan hanya karena tak dikenal, sehingga godaanya adalah kembali kejalan yang sudah biasa ditempuh. Meskipun tanpa tujuan.

Comments

Popular posts from this blog