Jobseeker 1

Pagi ceman-ceman gue mau berbagi pengalaman kerasnya menjadi pengacara (pengangguran banyak acara) berhubung sebelum lulus , gue sebenarnya udah dapat beberapa panggilan tapi sampai saat ini gue masih mencari lagi sih :D. ini beberapa psikotes dan wawancara yang pernah gue ikutin :

Before Graduation

1. PT. AT Indonesia
berawal dr kaskus gw daftar via ecc ugm , gue apply posisi staf keuangan sesuai dengan basic gue. eh....malam jam 10.00 gue dapet surat cinta tes psikotes di jogja tepatnya di wisma kagama, agak terharu sih dapat panggilan kayak gini ,hari senin bulan 2 lupa tanggalnya (efek nganggur) gue ikut psikotes bersama teman gue. anjir peserta banyak binggo sekitar 1000an . kebetulan gue dapat batch 3 jam 13.00 wib, durasi psikotes sekitar 2,5 jam (kebayang itu tangan udah pada karatan plus otak gue rasanya pengen meledak) jenis psikotesnya beragam mulai dari logika, pernyataan, persepsi gambar(pusing pala berbi) , deret aritmatika, krapelin ( first time) , warteg. dari semua soal-soalnya hanya setengah yang bisa gue kerjain. 

tahap-tahap tes PT.AT indonesia
a. administrasi
b. psikotes                          (gugur)
c. wawancara psikologi
d. wawancara hrd
e. wawancara user
f.  MCU

2. PT Bumi Gunajaya Agro (Perkebunan kelapa sawit)
ini panggilan kedua gue via ecc ugm, perusahaan bergerak di bidang kelapa sawit. posisi yang gw apply adalah staf akuntansi berhubung syaratnya yang didiminta s1 , gue memberanikan diri mengapply pada gue cuma diploma 3 , peserta nya sekitar 100an sebelum tes pengenalan perusahaan dulu . tes psikotes sekitar 2 jam . dan disini gue gak lolos psikotes 

tahap-tahap seleksi

  • Seleksi administrasi
  • Psikotes
  • Wawancara hrd
  • MCU
3. PT Astra Internasional Tbk
sebenarnya jadwal ini bentrok dengan tes nya gue yang kemaren. berhubung dijakarta lagi dilanda banjir, jadwal terpaksa di undur . dapet surat cinta via sms buat ikut psikotes berhubung di reschedule gue masih diberikan kesempatan. durasi tes 1,5 jam setelah kelar tes disuruh nunggu sekitar 30 menit untuk lolos ke tahap selanjutnya. Puji Tuhan gw lolos di psikotes 1 . Breaking up untuk psikotes 2 lumayan disesi istarahat dapat makan dikantin astra hehe,  di psikotes 2 puji tuhan gw lolos lagi. besoknya gw disms buat wawancara HRD durasi sekitar 30 menit (udah kayak sesi curhat) pertanyaan yang paling inget gw pas ditanya keunikan anda apa, motivasi kerja , trus pencapaian yang belum tercapai. Puji Tuhan diberi kesempatan lagi. 

dapet sms hari senin, lanjut wawancara direktur. semangat gue membara ,jam 10.00 gue masuk ke ruangan behh suasananya mistis , iya mistis sama pewawancaranya yang awalnya lagi semangat-semangatnya ngeliat ekspresinya ibarat gue lagi di sidang hukuman mati . durasi 20 menit , pengumuman max 10 hari , gue menanti berita baik apakah gw masih lanjut lagi atau tidak .udah lewat 10 hari bahkan 14 hari (lagu kangen band) gue gak mendapatkan kabar baik lagi, gue terhenti di fase ini

tahap-tahap seleksi
  • seleksi administrasi
  • psikotes 1 dan 2
  • wawancara hrd
  • wawancara direktur
  • wawancara user
  • mcu
perusahaan yang gue gak ikutin : PT Sango Indonesia (via JPAC POLBAN)

Comments

Popular posts from this blog