Model United Nation Simulation held ISAFIS collaboration with US Embassy at America Cultural center,Jakarta



Halo guy, selamat malam kali ini saya mau ngepost kegiatan model united nation, berhubung saya baru bisa nulis ini cerita, begitu banyak kendala yaitu malas,tugas,dan sebagainya #Halah. mungkin diantara kalian sudah tau apa itu MUN ? mungkin diantara kalian sudah melanglang buana di dunia MUN ? :D

Oke.this is my first time  mengikuti kegiatan Mun ini. mungkin bagi yang belum tau apa itu MUN ? MUN atau disingkat Model United Nation adalah kegiatan simulasi sidang Perserikatan bangsa-bangsa yang membahas isu-isu global .Dimana kita ditunjuk sebagai delegasi dari negara berbeda , contohnya saya orang indo belum tentu saya mewakili indo juga. yups berhubung  ini hanya simulasi saja yang dilaksanakan 1 hari penuh. jadi gak  perlu membuat working paper dan draft resolution.

Awalnya saya agak pesimis sih ngikutin acara-acara yang seperti ini berhubung saya bukan berada di jurusan dunia politik ataupun hubungan internasional hehe. dan bahkan saya
gak tahu MUN itu  apa ? rangkaian acaranya bagaimana ? agak sedikit minder sih. dengan melakukan riset di gugel begitu banyak artikel yang sudah membahas topik-topik ini.jadi agak sedikit gak kaku . di MUN ini bahasa yang digunakan adalah tentu nya bahasa inggris bukan bahasa indonesia lho ? bahasa inggris yang merupakan bahasa universal tentu menjadi daya tarik tersendiri buat saya, ya bisa dibilang bahasa inggris saya masih basic belum advance :D. tapi it's okay , itu bukan menjadi tolak ukur saya untuk  berhenti satu langkah.

Yaps yang nyelenggarain ini adalah asosiasi mahasiswa indonesia yang bergelut membahas studi internasional yaitu ISAFIS (Indonesian student asscociation for international studies) jadi mereka ini sering ngadain acara simulasi sidang PBB setiap tahunnya, dan ini adalah tahun ketiga. acara ini pun berkolaborasi dengan kedutaan amerika dijakarta, so this is overwhelming event. :D

Oke,pada awalnya I just a little hesitate to follow  it.berhubung saya punya motivasi "kenapa gak dicoba kegiatan2 diluar kampus". oke jadi ada nilai plus tersendiri. sayapun punya keyakinan dan tekat saya harus wajib ikut. saya pun ngapply , mengisi formulirnya dan mengirimkan via email melalui website mereka. kalo gak salah deadline tanggal 17 november kemarin dan acaranya 24 november. begitulah hanya berselang 1 minggu. hari demi hari I wait announce it. sampai saya setia setiap harinya selalu cek internet haha. hari kamis adalah pengumumannya saya pulang kampus lalu cek internet apakah saya akan diterima ? jadi itu pengiriman letter or invitation melalui email. sayapun ngecek inbox email dan saya tidak mendapatkan respon dari isafis. huhuhu it'okay.sayapun beralih ke websitenya noh disana ada country allocation and sebagainya. but when i see the result , my name written there. saya pun agak bingung disaat saya belum mendapat letter of invitation tapi kenapa nama saya ada tertulis disono. saya selalu bertanya ke panitia nya . dan hari jumat saya mendapatkan LOA. disisi lain ini benar-bener waktu yang mepet. no problem harus  tetap dijalani
ini picturenya guy.I'm represented Gambia Country



Ok that's all guy , just it that be able I'm sharing. this is Photo during  I follow the events.and this is overwhelming experience, of course in other side I get experience,new friend of different university and understanding about procedure from  MUN events itself








Comments

Popular posts from this blog